Pencetakan Dokumen Kependudukan Secara Mandiri

Kini, pencetakan dokumen administrasi kependudukan secara mandiri bisa dilakukan oleh warga setelah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jogja memutuskan adanya penerapan permohonan dokumen secara darling. Keputusan ini diambil dengan salah satu alasan yakni mengurai kerumunan di loket Disdukcapil.

Berdasarkan Surat Edaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Yogyakarta Nomor: 470/567 tertanggal 22 Mei 2020 tentang Pencetakan Dokumen Kependudukan Secara Mandiri, maka dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Masyarakat diharapkan mengajukan permohonan dokumen kependudukan Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI), Biodata Penduduk, dan Akta-akta melalui layanan on line JSS atau WhatsApp dengan nomor-nomor sebagaimana terlampir.
  2. Permohonan dokumen yang diproses selanjutnya mulai tanggal 26 Mei 2020 akan dikirim on line melalui email / WhatsApp yang bersangkutan dalam file format pdf.
  3. Selanjutnya penduduk bisa mencetak Dokumennya sendiri dengan ketentuan untuk Kartu Keluarga (KK) dan Akta-akta dicetak menggunakan kertas HVS ukuran A.4 berat 80 gram sedangkan SKPWNI dan Biodata Penduduk dicetak dengan kertas HVS ukuran folio berat 70 gram.
  4. Khusus layanan 3 in 1 akta kelahiran di RS dan 3 in 1 Akta Kematian yang diserahkan pada saat pemakaman, dokumen diserahkan dalam bentuk fisik (non elektronik).

Demikian Informasi Surat Edaran ini disampaikan  dan semoga bermanfaat