KAJIAN SENIN PAGI

Senin, 30 Mei 2022 Kemantren Pakualaman mengadakan kajian atau siraman rohani dari Bapak H. Misbahrudin. Dalam kajian ini Bp. H. Misbahrudin mengangkat tema tentang "Fitrah Manusia". Sebelum acara kajian dimulai, Bapak Mantri Pamong Praja Kemantren pakualaman Cahya Wijayanta, S.Sos memberikan sambutannya, supaya pegawai & karyawan Kemantren Pakualaman memaknai dan menerapkan apa yang disampaikan oleh Bp. H. Misbahrudin.

 

Dalam kajiannya Bp. H. Misbahrudin menjabarkan bahwa ada 4 Fitrah dalam diri manusia, yaitu :

1. Fitrah beragama

    Manusia menurut fitrahnya telah beragama, mengakui dan bersaksi bahwa Allah adalah Tuhannya. Seperti H.R. Bukhari dan Muslim "Tidak ada yang dilahirkan kecuali atas fitrah, lalu kedua orang tuanya menjadikan nya yahudi, atau nasrani atau majusi"

2. Fitrah Sosial

    Seperti Q.S Al Hujuran/49:10 "Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah kedua saudaramu yang bertikai dan bertaqwalah kepada Allah agar kamu dirahmati"

3. Fitrah Intelektual

     Daya Intelektual yaitu prestasi dasar yang memungkinkan manusia dapat membedakan nilai baik dan buruk. 

4. Fitrah Biologis

    Fitrah biologis adalah membangkitkan, menumbuhkan, merawat fitrah sesuai gendernya. seorang laki-laki berfikir, bertindak, dan bersikap sebagai laki-laki, begitupun sebaliknya.