WORKSHOP BANTUAN SOSIAL (BANSOS)

Selasa, 14 Juni 2022 diadakan acara "Workshop Bantuan Sosial (Bansos)" bertempat di pendopo Kemantren Pakualaman. Hadir sebagai narasumber / pembicara Bapak Fahrudin dari Forpi (Forum Pemantau Independen) Kota Yogyakarta dan IbuAnnisa Yuliana Puspitasari dari Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogyakarta. 

Dalam paparan nya beliau menyampaikan beberapa point yaitu :

  • Pemberian asistensi sosial bagi penyandang disabilitas (ASPD), tujuannya untuk memberikan bantuan sosial berupa uang tunai kepada penyandang disabilitas agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya untuk kesejahteraan sosial. 
  • Santunan kematian, penerima santunan kematian yaitu ahli waris dari mendiang, dalam hal mendiang tidak memiliki ahli waris maka santunan diberikan kepada RT. Dalam hal mendiang yang meninggal dunia pada bulan Desember, satunan kematian diurus paling lambat tanggal 31 januari tahun berikutnya.
  • Pelayanan Orang Terlantar, dengan syarat membawa surat keterlantaran dari Kantor Polisi di Kota Yogyakarta & belum pernah mendapat bantuan OT Kehabisan Bekal dalam perjalanan di Kota Yogyakarta,.
  • Program Keluarga Harapan (PKH), adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DKTS).
  • Bantuan Potongan Non Tunai (BPNT), bantuan pangan dari pemerintah kepada KPM untuk mengurangio beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu.