Forum Pembauran Kebangsaan Kemantren Pakualaman

Yogyakarta  (Jum'at, 3 Maret 2023). Forum Silahturahmi  Forum Pembauran Kebangsaan Kemantren Pakualaman melakukan koordinasi awal padaKasmis, 2 Maret 2023, Jam 13.00 Wib bertempat di Pendopo Kemantren Pakualaman terkait rencana optimalisasi kegiatan yang lebih mendasar guna meningkatkan tolenrasi dalam hal heterogenitas/keberagaman suku, asal daerah, agama, budaya serta adat istiadat dalam menciptakan situasi dan kondisi pemilu damai.

Sesuai dengan Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta No. 4 Tahun 2014 tentang Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kecamatan sebagaimana dimaksud pasal 2 ayat (1) mempunyai tugas:
a. menjaring aspirasi masyarakat di bidang pembauran kebangsaan;
b. menyelenggarakan forum dialog dengan pimpinan organisasi kemasyarakatan bidang pembauran kebangsaan, pemuka adat, suku dan masyarakat; dan
c. menyelenggarkan sosialisasi kebijakan yang berkaitan dengan pembauran kebangsaan.

Langkah nyata  kegiatan berikutnya di agendakan sambang ke wilayah untuk penjaringan aspirasi/saran dan masukan baik positif dan negatif dari akar rumput di kelompok organisasi Masyarakat ( jaring asmara ) berguna untuk ilustrasi kebijakan pimpinan mengatasi berbagai permasalahan yang muncul.

Partisipasi dari berbagai kelompok masyarakat sangat diperlukan untuk menambah literasi berbagai permaslahan serta kiat positif yang ditempuh guna meningkatkan kerukunan dalan ber-bhineka Tunggal Ika.