Upaya Pengentasan Kemiskinan Bersama Tim TKPK Kemantren Pakualaman

Jawatan Sosial Kemantren Pakualaman telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi TKPK Kemantren Pakualaman paga Kamis 12/10/2023 yang dihadiri oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kemantren pakualaman.

Simpulan dan rekomendasi yang dihasilkan dalam rakor yaitu :

  1. Persoalan kemiskinan menjadi pekerjaan rumah bersama baik di Kemantren Pakualaman maupun di tingkat Kota Yogyakarta
  2. Perlu menyatukan data base terkait data PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) adalah perseorangan, keluarga, kelompok, dan/atau masyarakat yang karena suatu hambatan, kesulitan, atau gangguan, tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya, sehingga memerlukan pelayanan sosial untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik jasmani dan rohani maupun sosial secara memadai dan wajar (Permensos Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang 70 % siap disajikan , dan keberlanjutan verifikasi dan kegiatan sosial TKPK.
  3. Mengintegrasikan dokumen RPJMD Kota Yogyakarta  ke dalam dokumen Renstra Kemantren Pakualaman agar sasaran pembangunan di Kemantren pakualaman  dapat terukur .
  4. Revitaliasi dan meperkuat peran TKPK mulai dari perencanaan, koordinasi hingga evaluasi pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan.
  5. Membangun model penangulangan kemiskinan secara bottom up sesuai dengan karakteristik masing-masing wilayah.
  6. Pelaksanaan penanggulangan kemiskinan dilakukan secara nyata lintas sektor, menghilangkan kesan seremonial dalam pelaksanaan program.