Penyusunan Programa Pertanian Tahun 2025 Tingkat Kemantren

Pakualaman - Programa penyuluhan pertanian adalah rencana tentang kegiatan penyuluhan pertanian yang memadukan aspirasi petani-nelayan dan masyarakat pertanian dengan potensi wilayah dan program pembangunan pertanian yang menggambarkan keadaan sekarang, tujuan yang ingin dicapai, masalah-masalah dan alternatif pemecahannya, serta cara mencapai tujuan yang disusun secara partisipatif, sistematis, dan tertulis setiap tahun. (Surat Keputusan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Pertanian No. 56 tahun 1996 dan No. 301/KPTS/LP.120/4/96).

Tersusunnya Programa Penyuluhan Pertanian merupakan salah satu indikator kinerja Penyuluh Pertanian. Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Tahun 2025 Tingkat Kemantren yang dilaksanakan oleh Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta ,salah satunya telah dilaksanakan pada hari ini, Kamis, 25 Januari 2024 bertempat di Pendopo Kemantren Pakualaman. Dikoordinir oleh MBARI AMBARWATI, S.P. Penyuluh Pertanian Kemantren Pakualaman yang datang beserta Tim dari Dinas Pertanian dan Pangan. Didampingi oleh Kepala Jawatan Kemakmuran, BapakAgung Setiawan, S.I.P yang dalam sambutannya memaparkan kegiatan pertanian dan pangan yang diselenggarakan Kemantren Pakualaman.

Penyusunan Programa Penyuluhan Tahun 2023 di Kemantren Pakualaman dihadiri oleh 20 orang perwakilan dari Kelompok Tani yang ada di wilayah Kemantren. Dalam proses penyusunan Programa, anggota kelompok tani diminta untuk menginventaris keadaan, permasalahan dan kebutuhan mereka pada berbagai aspek kegiatan pertanian. Mulai dari aspek budidaya, pengolahan, pemasaran sampai dengan kelembagaan petani.