Musrenbang Kemantren Pakualaman Tahun 2024 untuk Tahun Anggaran 2025

Pakualaman - Selasa, 6 Februari 2024 bertempat di Ballroom Jambuluwuk Hotel Jalan Gajah Mada No. 67, telah dilaksanakan acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kemantren Pakualaman Tahun 2024 untuk Tahun Anggaran 2025. Musrenbang tingkat Kemantren ini mengusung tema yaitu "Pemantapan Pembangunan Manusia dengan Dukungan Layanan Publik Berkualitas untuk Kesejahteraan Masyarakat". Dalam acara ini dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Yogyakarta Yunianto Dwisutono, perwakilan Bappeda Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Pakualaman Saptohadi, Forkompintren Pakualaman, Plt. Mantri Anom, Perwakilan dari OPD Teknis Pemerintah Kota Yogyakarta, Lurah Gunungketur, Lurah Purwokinanti, Ketua LPMK Kelurahan Gunungketur, Ketua LPMK Kelurahan Purwokinanti, Ketua TP PKK Kemantren Pakualaman, Ketua TP PKK Kelurahan se-Kemantren Pakualaman, dan Ketua Lembaga Sosial Masyarakat se-Kemantren Pakualaman, yang berjumlah 125 orang.

Dalam kesempatan ini, Mantri Pamong Praja Pakualaman Bapak Saptohadi, S.I.P menyampaikan bahwa proses perencanaan anggaran terdapat beberapa tahapan yaitu perencanaan partisipatif meliputi musrenbang tingkat kampung, kelurahan dan kemantren. Perencanaan politis yaitu usulan-usulan yang berasal dari pokok pikiran anggota DPRD. Serta perencanaan teknokratis yaitu meliputi isu strategis Pemerintah Kota Yogyakarta, dana keistimewaan dan lain sebagainya. Dari perencanaan tersebut kemudian disatukan dan disusun menjadi sebuah rancangan kerja anggaran sebelum disahkan menjadi Dokumen Pelaksanaan Anggaran OPD. Selain itu dalam Musrenbang juga terdapat kelompok-kelompok afirmatif yaitu kelompok rentan yang menjadi fokus utama dalam pelaksanaan kegiatan pemberdayaaan masyarakat agar derajat hidupnya meningkat. Kelompok tersebut adalah lansia, perempuan, anak, penyandang disabilitas, dan masyarakat miskin. Musrenbang Kelurahan Purwokinanti secara keseluruhan menghasilkan 108 kegiatan, Musrenbang Kelurahan Gunungketur akan melaksanakan 128 kegiatan dan untuk Kemantren Pakualaman terdiri atas 115 kegiatan.

Selanjutnya, Bapak Yunianto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi usulan kegiatan Tahun 2025 pada pelaksanaan Musrenbang Kemantren Pakualaman Tahun 2024, yang sudah sesuai dengan isu-isu strategis pada RKPD Tahun 2025.

Sidang Musrenbang Kemantren Pakualaman Tahun 2024 dipimpin oleh Plt Mantri Anom, Ari Suryani dengan notulis Kepala Jawatan Praja Kemantren Pakualaman Agung Priyanto. Musrenbang Kemantren Pakualaman Tahun 2024 ditutup dengan penandatangan Berita Acara Musrenbang Kemantren Pakualaman Tahun 2024 oleh Mantri Pamong Praja Pakualaman Saptohadi, Ketua LPMK Kelurahan Gunungketur, Ketua LPMK Kelurahan Purwokinanti, Ketua TP PKK Kemantren Pakualaman, dan Karang Taruna Kemantren Pakualaman.