Forum Anak kemantren Pakualaman

          Kemantren Pakualaman menyelenggarakan Penyusunan Program Kerja Forum Anak Kemantren Pakualaman Tahun 2024 dan 2025 dilaksanakan hari Selasa, 23 April 2023 di Pendopo Kemantren Pakualaman. Forum anak merupakan kumpulan dari anak-anak yang menjadi pengurus organisasinya masing-masing dan membentuk forum sebagai salah satu upaya untuk memperjuangkan hak-hak anak atau memperjuangkan kebutuhan dan kepentingan anak yang belum terpenuhi. Misalnya anak-anak yang bakat di bidang seni suara memperjuangkan adanya kegiatan kompetisi atau lomba di bidang seni suara, anak yang minat di bidang menulis memperjuangkan adanya perlombaan menulis atau pertemuan penulis anak, pelatihan teknik menulis yang baik. 

      Dalam kegiatan ini dilaksanakan pembentukan susunan pengurus Forum Anak Kemantren Pakualaman dengan membentuk struktur organisasi di forum anak dan menyusun program kerja. kegitan tersebut di hadiri oleh Ferian Fembriansyah sebagai narasumber,  Mantri Anom Juwariyah,  Kepala Jawatan Sosial beserta staf, Anggota Forum Anak Kemantren Pakualaman, Forum Anak Kelurahan Gunungketur, Forum Anak Kelurahan Purwokinanti.

Tujuan dari Penyusunan Kebijakan Partisipasi Anak ini dimaksudkan untuk menjamin agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, baik dari segi fisik, mental maupun sosial serta memperoleh perlindungan, sehingga bisa menjawab tantangan jamannya. Kemudian upaya untuk mengembangkan potensi dan kreatifitas anak bersangkutan baik secara pemikiran maupun di dalam kegiatan. Semua itu dibangun atas kesadaran bahwa pihak yang paling mengetahui masalah, kebutuhan dan keinginan anak adalah anak itu sendiri. Banyak keputusan orang dewasa yang selama ini ditujukan untuk anak ternyata tidak sepenuhnya sesuai dengan kepentingan anak