Pelatihan Pilah Pilih Sampah Kemantren Pakualaman

Pakualaman - Dari banyaknya sampah yang diproduksi, lingkungan rumah tangga menjadi penyumbang sampah terbesar. Sampah rumah tangga yang paling banyak dihasilkan adalah sampah organik berupa sisa makanan dan sampah anorganik seperti sampah plastik, sampah kaleng, sampah kertas, dan lainnya.
Sampah memang bisa dicegah penggunaanya, namun tentunya manusia tetap tidak bisa sama sekali hidup tanpa menghasilkan sampah, untuk itu dengan bijak kita perlu mengelola sampah yang dimulai dari rumah tangga masing-masing dengan melakukan pemilahan sampah baik yang organik maupun organik. Pemilahan sampah di lingkungan rumah tangga ini merupakan salah satu solusi mengurangi produksi pada tahap hulu, sampah organik dikelola dengan metode tertentu seperti biopori, ember tumpuk dan sebagainya dapat menghasilkan pupuk organik, sampah an organik seperti botol mineral dapat dikumpulkan untuk dijual kembali.


Berdasar hal tersebut maka Kemantren Pakualaman mengadakan kegiatan Pelatihan Pilah Pilih Sampah pada hari Selasa, 14 Mei 2024 di Pendopo Kemantren Pakualaman, yang dihadiri oleh warga yang merupakan pengurus dan anggota bank sampah se Kemantren Pakualaman. dalam kegiatan ini merupakan sarana edukasi dan pembelajaran dengan maksud meningkatkan gerakan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengelola sampah, kegiatan ini Mantri Pamong Praja Kemantren Pakualaman berkenan untuk menunjukkan mesin pencacah sampah organik dan dalam kegiatan ini diperkenalkan mengenai alat tersebut dan penggunaannya oleh Kepala Jawatan Kemakmuran. (AgSe)