Kemantren Pakualaman Raih Juara 3 Lomba B2SA Pada Festival Pangan lokal Tahun 2024

Pada hari Minggu  25 Agustus 2024, Pokja 3 Kemantren Pakualaman juara 3 Lomba B2SA pada ajang Festival Pangan lokal Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Dan Pangan Kota Yogyakarta di Lapangan SMA N 3 Kota Yogyakarta.

Lomba Cipta Menu ini dilaksanakan sebagai upaya mendorong penerapan pangan yang beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA); menumbuhkan minat, kreativitas, dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersil; memperbaiki status gizi masyarakat dengan terciptanya pangan B2SA yang berbasis pangan lokal; serta sebagai salah satu ajang promosi olahan pangan lokal. Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) merupakan aneka ragam bahan pangan, baik sumber karbohidrat, protein, maupun vitamin dan mineral yang bila dikonsumsi dalam jumlah seimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan dan tidak tercemar bahan berbahaya yang merugikan kesehatan.

Dengan adanya Festival pangan lokal Tahun 2024, masyarakat diajak untuk meningkatkan ketahanan pangan dan meningkatkan derajat kesehatan melalui pangan yang bergizi dan seimbang. Gapoktan Pakualaman juga mengisi stan UMKM pada acara tersebut.