Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Publik Kemantren Pakualaman Tahun 2024

Jawatan Umum Kemantren Pakualaman menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Publik (SPP) Kemantren Pakualaman Tahun 2024 pada hari Senin tanggal 23 September 2024 di Pendopo Kemantren Pakualaman. Hadir pada acara tersebut Mantri Pamong Praja Pakualaman, Lurah gunungketur, Lurah Purwokinanti, Ketua Pokja 1 TP Kemantren dan kelurahan, Ketua RW se Kemantren Pakualaman, Perwakilan Ketua RT, Ketua LPMK se Kemantren Pakualaman, Perwakilan Perguruan Tinggi dan Wartawan.

Pada sambutannya Mantri Pamong Praja Pakualaman Saptohadi, menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi semua stakeholder yang hadir pada acara Forum Konsultasi Publik ini. FKP ini bukan yang pertama dan bukan yang terakhir diselenggarakan Kemantren Pakualaman sebagai wadah atau jembatan untuk saling menginformasikan semua layanan yang ada di Kemantren Pakualaman dan sebagai keterbukaan informasi yang disepakati bersama dalam penyusunan SK Standar Pelayanan Publik (SPP) Kemantren Pakualaman Tahun 2024. Semua saran masukan dari para stakeholder akan menjadi perbaikan dalam pelayanan di Kemantren Pakualaman.

Perwakilan dari Perguruan Tinggi hadir Dr Bangun Putra Prasetya, SE, MSc, M.M dari Universitas Widya Mataram Yogyakarta menyampaikan bahwa pelayanan publik di Pemerintah Kota Yogyakarta melalui JSS sudah memberikan ruang bagi warga Kota Yogyakarta untuk mengakses pelayanan dan juga pengaduan masyarakat melalui UPIK. Hal tersebut menunjukkan Pemerintah Kota Yogyakarta menerapkan e-governan yang akuntabel.

Pada FKP ini Kepala jawatan Umum Kemantren Pakualaman Ari Suryani, memaparkan draf SK Standar Pelayanan Publik (SPP) Kemantren Pakualaman Tahun 2024.

Adapun SPP pada Kemantren Pakualaman Kota Yogyakarta meliputi pelayanan antara lain:

  1. Pelayanan Dispensasi Nikah
  2. Pelayanan Pernyataan Beda Nama
  3. Pelayanan Pernyataan Domisili Usaha
  4. Pelayanan Pernyataan Tempat Tinggal
  5. Pelayanan Keterangan Domisili Kantor Tetap Kepengurusan Partai Politik
  6. Pelayanan Pernyataan Ahli Waris
  7. Pelayanan Pernyataan Anak Tidak/Belum Menikah dan Belum Bekerja
  8. Pelayanan Pernyataan Penghasilan Orang Tua
  9. Pelayanan Pernyataan Belum Memiliki Rumah
  10. Pelayanan Keterangan untuk Mendapatkan Pembayaran Tunjangan Keluarga atau Kartu Permohonan Penambahan Penghasilan Pegawai (KP4)
  11. Pelayanan Rekomendasi Teknis Persetujuan Pondokan
  12. Pelayanan Legalisir
  13. Pelayanan Pendampingan Pendaftaran Perizinan Berusaha bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Perseorangan melalui Online Single Submission (OSS)
  14. Pelayanan Pendampingan Permohonan Dokumen Kependudukan

Pada FKP tersebut dilakukan penandatanganan Berita Acara Forum Konsultasi Publik yang ditanda tangani oleh wakil pemerintah, wakil masyarakat, wakil Perguruan Tinggi dan wartawan.