Standar Operasional Prosedur (SOP) pada dasarnya adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada di dalam suatu organisasi yang digunakan untuk memastikan bahwa semua keputusan dan tindakan, serta penggunaan fasilitas agar berjalan efektif dan efisien, konsisten, standar dan sistematis dalam penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan masyarakat. Mantri Pamong Praja  Kemantren Pakualaman menetapkan Standar Operasional Prosedur yang dimuat dalam Surat Keputusan Mantri Pamong Praja Nomor : 030/2021, antara lain :

  1. SOP Pelayanan Rekomendasi Ijin Membangun Bangun-bangunan
  2. SOP Permohonan Izin Penyelenggaraan Pondokan Dan Rekomendasi Izin Penyelenggaraan Pondokan
  3. SOP Pelayanan Legalisasi Domisili Tempat Usaha/Kantor Berbasis Elektronik
  4. SOP Pelayanan Legalisasi Domisili Kependudukan  Berbasis  Elektronik
  5. SOP Legalisasi Dokumen Administrasi Kependudukan  (KTP/KK)
  6. SOP Penyelesaian Pengaduan Masyarakat
  7. SOP Mekanisme Alur Pelayanan
  8. SOP Pelayanan Rekomendasi Urusan Pertanahan
  9. SOP Distribusi dan Pengukuran Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)
  10. SOP Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan (Kemantren)
  11. SOP Pelayanan Legalisasi Penghasilan Berbasis  Elektronik
  12. SOP Pelayanan Rekomendasi Surat Keterangan Tidak Mampu Berbasis  Elektronik
  13. SOP Penyusunan Monografi  Berbasis  Elektronik
  14. SOP Rekomendasi Izin Penelitian
  15. SOP Keamanan Dan Piket Kantor Kemantren Pakualaman
  16. SOP Pelayanan Dan Pengelolaan Administrasi Surat Masuk  (Non E-Office)
  17. SOP Pelayanan Dan Pengelolaan Administrasi Surat Masuk  E-Office
  18. SOP Pelayanan Dan Pengelolaan Administrasi Surat Keluar  E-Office

Untuk Format PDF dapat di download di SOP Kemantren Pakualaman