Standar Operasional Prosedur (SOP) pada dasarnya adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada di dalam suatu organisasi yang digunakan untuk memastikan bahwa semua keputusan dan tindakan, serta penggunaan fasilitas agar berjalan efektif dan efisien, konsisten, standar dan sistematis dalam penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan masyarakat. Mantri Pamong Praja  Kemantren Pakualaman menetapkan Standar Operasional Prosedur yang dimuat dalam Surat Keputusan Mantri Pamong Praja Nomor : 0059/PA/2023, antara lain :

  1. SOP Pelayanan Dispensasi Nikah
  2. SOP Pelayanan Pernyataan Beda nama
  3. SOP Pelayanan Pernyataan Domisili Usaha
  4. SOP Pelayanan Pernyataan Tempat Tinggal
  5. SOP Pelayanan Surat Keterangan Domisili Kantor Tetap Kepengurusan Partai Politik
  6. SOP Pelayanan Pernyataan Ahli Waris
  7. SOP Pernyataan Anak Tidak / Belum Menikah dan Belum Bekerja
  8. SOP Pelayanan Pernyataan Penghasilan Orangtua
  9. SOP Pelayanan Pendampingan Pendaftaran Perizinan Berusaha Bagi Pelaku Uaha Mikro Kecil Perseorangan melalui Online Single Submission (OSS)
  10. SOP Pelayanan Pendampingan Permohonan Dokumen Kependudukan
  11. SOP Pelayanan Keterangan Untuk Mendapatkan Pembayaran Tunjangan Keluarga atau Kartu Permohonan Penambahan Penghasilan Pegawai (KP4)
  12. SOP Pelayanan Legalisir
  13. SOP Pelayanan Pernyataan Belum Memiliki Rumah
  14. SOP Verifikasi Persetujuan Izin Pondokan
  15. SOP Penyelesaian Pengaduan Masyarakat
  16. SOP Alur Pelayanan
  17. SOP Distribusi dan pengukuran Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Berbasis Digital
  18. SOP Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kemantren
  19. SOP Pelayanan Rekomendasi Surat Keterangan Tidak Mampu Berbasis Elektronik
  20. SOP Penyusunan Monografi Berbasis Elektronik
  21. SOP Rekomendasi Izin Penelitian
  22. SOP Keamanan dan Piket Kantor Kemantren Pakualaman
  23. SOP Pelayanan dan Pengelolaan Administrasi Surat Masuk (Non EOffice)
  24. SOP Pelayanan dan Pengelolaan Administraso Surat Keluar (Non EOffice)
  25. SOP Pelayanan dan Pengelolaan Administrasi Surat Masuk E-Office
  26. SOP Pelayanan dan Pengelolaan Administrasi Surat Keluar E-Office
  27. SOP Pelayanan Permohonan Informasi Publik yang Datang Langsung
  28. SOP Pelayanan Permohonan Informasi Publik yang Tidak Datang Langsung
  29. SOP Pengajuan Keberatan Pelayanan Permohonan Informasi Publik
  30. SOP Pembuatan Laporan Tahunan Layanan Informasi Publik
  31. SOP Pelayanan Pengaduan Langsung
  32. SOP Pembuatan Surat Pertanggungjawaban (SPJ)
  33. SOP Penyusunan Rencana Kerja
  34. SOP Penyusunan RKA
  35. SOP Mekanisme Pengajuan Ganti Uang
  36. SOP Pengajuan Gaji Rutin PNS
  37. SOP Usulan Kenaikan Pangkat Elektronik
  38. SOP Pengajuan Cuti
  39. SOP Pelayanan Pinjam Tempat
  40. SOP Penanganan Bencana di Masyarakat Kemantren Pakualaman
  41. SOP Penanganan bencana di Gedung Kemantren dan Kelurahan
  42. SOP Anti Korupsi
  43. SOP Pelaporan Penanganan Gratifikasi
  44. SOP Pengadaan Barang atau Aset Kemantren Pakualaman
  45. SOP Pengelolaan Barang atau Aset Kemantren Pakualaman
  46. SOP Pengadaan Barang Habis Pakai Kemantren Pakualaman
  47. SOP Inovasi Bantu Peri IUMK OSS (Membantu Perizinan Izin Usaha Mikro Kecil Melalui Online Single Submission)
  48. SOP Verifikasi Surat Pertanggungjawaban (SPJ)
  49. SOP Penghapusan Barang atau Aset Kemantren Pakualaman
  50. SOP Pengelolaan Bank Sampah OPD Kemantren Pakualaman

Untuk Format PDF unduh disini