Standar Operasional Prosedur (SOP) pada dasarnya adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada di dalam suatu organisasi yang digunakan untuk memastikan bahwa semua keputusan dan tindakan, serta penggunaan fasilitas agar berjalan efektif dan efisien, konsisten, standar dan sistematis dalam penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan masyarakat. Mantri Pamong Praja  Kemantren Pakualaman menetapkan Standar Operasional Prosedur yang dimuat dalam Surat Keputusan Mantri Pamong Praja Nomor : 030/IV/2021, antara lain :

  1. SOP Pelayanan Rekomendasi Ijin Membangun Bangun-bangunan
  2. SOP Permohonan Izin Penyelenggaraan Pondokan Dan Rekomendasi Izin Penyelenggaraan Pondokan
  3. SOP Pelayanan Legalisasi Domisili Tempat Usaha/Kantor Berbasis Elektronik
  4. SOP  Pelayanan Legalisasi Domisili Kependudukan  Berbasis  Elektronik
  5. SOP Legalisasi Dokumen Administrasi Kependudukan  (KTP/KK)
  6. SOP Penyelesaian Pengaduan Masyarakat
  7. SOP Mekanisme Alur Pelayanan
  8. SOP Pelayanan Rekomendasi Urusan Pertanahan Dan Surat Keterangan Waris
  9. SOP Distribusi dan Pengukuran Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)
  10. SOP Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan
  11. (Musrenbang) Kemantren SOP Pelayanan Legalisasi Penghasilan Berbasis  Elektronik
  12. SOP Pelayanan Rekomendasi Surat Keterangan Tidak Mampu Berbasis  Elektronik
  13. SOP Penyusunan Monografi  Berbasis  Elektronik
  14. SOP Rekomendasi Izin Penelitian
  15. SOP Keamanan Dan Piket Kantor Kemantren Pakualaman Keamanan Dan Piket Kantor Kemantren Pakualaman 
  16. SOP Pelayanan Dan Pengelolaan Administrasi Surat Masuk  (Non E-Office)
  17. SOP Pelayanan Dan Pengelolaan Administrasi Surat Keluar  (Non E-Office)
  18. SOP Pelayanan Dan Pengelolaan Administrasi Surat Masuk  E-Office
  19. SOP Pelayanan Dan Pengelolaan Administrasi Surat Keluar  E-Office
  20. SOP Pelayanan Permohonan Informasi Publik Yang Datang Langsung
  21. SOP Pelayanan Pemberian Informasi Informasi Publik Yang Tidak Datang Langsung
  22. SOP  Pengajuan Keberatan Pelayanan Permohonan Informasi Publik
  23. SOP Pembuatan Laporan Tahunan Layanan Informasi Publik
  24. SOP Pelayanan Pengaduan Langsung
  25. SOP Pengumpulan Data Kinerja
  26. SOP Layanan Pernyataan Beda Nama/Identitas
  27. SOP Layanan Dispensasi Nikah
  28. SOP Pembuatan Surat Pertanggungjawaban (SPJ)
  29. SOP Penyusunan Rencana Kerja
  30. SOP Penyusunan RKA
  31. SOP Pengajuan Gaji Rutin PNS
  32. SOP Mekanisme Pengajuan Ganti Uang
  33. SOP Usulan Kenaikan Pangkat Elektronik
  34. SOP Pengajuan Cuti
  35. SOP Pelayanan pinjam tempat

Untuk Format PDF unduh disini