VISI

Visi yang dirumuskan dalam Rencana Strategik Instansi Kecamatan Pakualaman untuk kurun waktu lima tahun 2017-2022 adalah:

Meneguhkan Kota Yogyakarta Sebagai Kota Nyaman Huni Dan Pusat Pelayanan Jasa Yang Berdaya Saing Kuat Untuk Keberdayaan Masyarakat Dengan Berpijak Pada Nilai Keistimewaan

Penjelasan visi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kualitas hidup masyarakat Kota Yogyakarta yang tinggi di atas angka rata-rata nasional, yang tercermin dalam nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM)  yang tinggi.
  2. Memiliki sarana dan prasarana pelayanan perkantoran yang layak dan memadai bagi aktivitas warga.
  3. Pelayanan Pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat yang terus meningkat melampaui standar pelayanan minimal.
  4. Berkembangnya perekonomian yang mampu menggerakkan masyarakat   pembangunan kota dan memberikan manfaat bagi masyarakat.
  5. Memberikan ruang yang kondusif bagi pengembangan nilai-nilai dan aktivitas sosial dan budaya sehingga mampu meningkatkan keberdayaan dan kemandirian masyarakat.

 

Kemudian yang dimaksud dengan Kota Yogyakarta sebagai kota pusat pelayanan jasa yang berdaya saing kuat adalah sebagai berikut:

  1. Maju dan berkembangnya Kota yogyakarta sebagai pusat pelayanan jasa yang meliputi jasa penunjang pendidikan, pariwisata, perdagangan, pemerintahan, keuangan, kesehatan, transportasi dan komunikasi, serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang unggul baik secara komparatif maupun kompetitif.
  2. Terbangunnya sistem pelayanan dan kelembagaan investasi yang memberikan manfaat bagi pembangunan kota dan peningkatan kesejateraan masyarakat.
  3. Meningkatnya aktivitas sektor pariwisata dan pendidikan sebagai penopang utama pelayanan jasa kota secara kompetitif dan sebagai gerbong utama pertumbuhan perekonomian kota dan mampu menarik picu pergerakan sektor andalan lain.
  4. Meningkatkan perbaikan efisiensi dan efektifitas sistem produksi dan distribusi. Sebagai pelayanan skala lingkungan, kota dan regional.
  5. Menguatnya kualitas identitas kota yang mampu menjadikan diri sebagai pelayanan basisi kota dalam kerjasama dan pengembangan usaha serta menjadi bagian sistem pergerakan antar kota.

MISI

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut diatas  dirumuskan 7 (tujuh) misi  pembangunan, yaitu:

  1. Meningkatkan kesejahteraan dan keberdayaan masyarakat
  2. Memperkuat ekonomi kerakyatan dan daya saing Kota Yogyakarta
  3. Memperkuat moral, etika dan budaya masyarakat Kota Yogyakarta
  4. Meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, sosial dan budaya
  5. Memperkuat tata kota dan kelestarian lingkungan
  6. Membangun sarana prasarana publik dan permukiman
  7. Meningkatkan tatakelola pemerintah yang baik dan bersih

 Untuk mewujudkan Visi Rencana Strategik Instansi yang dirumuskan di atas, maka Misi   yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Kecamatan Pakualaman adalah misi pertama, yaitu yang juga selaras dengan visi misi Walikota Yogyakarta adalah Meningkatkan kesejahteraan dan keberdayaan masyarakat”.

Misi yang ditetapkan oleh Kecamatan Pakualaman Kota Yogyakarta dilakukan dengan mempertimbangkan :

  1. Tugas pokok dan fungsi Kecamatan Pakualaman Kota Yogyakarta;
  2. Pihak-pihak yang berkepentingan;
  3. Peluang untuk perubahan/penyesuaian yang disesuaikan dengan tuntutan perkembangan wilayah di Kecamatan Pakualaman Kota Yogyakarta;
  4. Permasalahan yang harus ditangani.